Jumat, 29 Maret 2013

Batik Batik Indonesia 2013



            Siapa yang tidak tahu batik. Batik adalah salah satu kekayaan yang dimiliki oleh bangsa ini yang harus selalu dilestarikan. Saat ini batik sudah menjadi salah satu pakaian yang wajib dimiliki oleh setiap warga Indonesia. Untuk melestarikannya, banyak sekolah-sekolah yang sudah mewajibkan muridnya untuk menggunakan baju batik untuk melestarikannya. Begitu juga dengan para karyawan yang sekarang sudah menggunakan batik sebagai salah satu pakaian wajib di hari tertentu. Jadi saat ini batik sudah bukan menjadi baju wajib saat kondangan saja, namun hampir di setiap acara banyak yang sudah menggunkan batik. Dan sejak 2 Oktober 2009 sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.


Batik




Corak batik sebenarnya bermacam-macam. Jadi banyak corak yang bisa anda pilih menurut dengan selera anda. Ada juga bermacam-macam warna sehingga anda bisa mencocokkan dengan pakaian atau bawahan anda. Ada juga batik traditional yang sampai sekarang masih digunakan untuk acara-acara khusus atau acara adat. 



            Jenis-jenis batik yang bisa dipilih pun ada bermacam-macam. Ada batik tulis yaitu batik yang dibuat dengan tangan sehingga seperti menulisnya di atas sebuah kain putih. Dan biasanya, orang-orang membuat jenis batik ini sekitar dua sampai tiga bulan. Ada juga batik cap yaitu batik yang dibuat dengan menggunakan cap. Biasanya cap yang digunakan adalah terbuat dari bahan tembaga. Biasanya, untuk pembuatan dari batik ini tidak terlalu lama, yaitu hanya membutuhkan dua sampai tiga hari. Batik yang selanjutnya adalah batik lukis, yaitu batik yang prosesnya hanya dengan langsung melukis pada kain berwarna putih.



            Asal dari batik pun bermacam-macam. Ada batik jawa, bali, Madura, dan berbagai macam tempat lainnya. Jika berdasarkan corak, ada batik kraton, petani, dan lain-lainnya yang memiliki berbagai motif yang berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar