Sabtu, 23 Maret 2013

Batik Pekalongan



Batik pekalongan adalah salah satu dari banyaknya model batik yang ada di Indonesia. Seperti namanya, batik pekalongan berasal dari pekalongan yang ternyata sudah dikenal sejak tahun 1800-an. Ciri khas yang menjadikan batik pekalongan tersebut dicatat Deperindag pada tahun 1802 adalah dengen motifnya yang cukup dikenal yaitu pohon-pohon kecil. Batik pekalongan saat ini pun masih tetap menjadi pilihan dari berbagai macam konsumen yang mencintai batik dan masih ingin terus melestarikannya. Tentunya gara-gara batik pekalongan memiliki ciri khasnya sendiri yang membuatnya berbeda dari motif batik yang lainnya.



Saat ini, batik pekalongan pun sudah mengikuti perkembangan jaman. Tidak hanya dengan produknya yang itu-itu saja, namun saat ini produk pakaian mulai dari blus, baju, jeans, gamis, sandal, tas, dan yang lainnya menggunakan batik pekalongan sebagai bahan dasarnya. Hal ini tentu saja membuat batik pekalongan dibanjiri oleh berbagai macam pembeli yang meginginkan produk-produk selain baju yang juga menggunakan batik pekalongan sebagai bahan dasarnya.
           



Ciri khas dari batik pekalongan ini betul-betul membuat siapapun yang melihatnya tahu jika batik tersebut adalah buatan pekalongan. Yang membuatnya berbeda dari berbagai macam batik yang lainnya adalah warna yang terang dan juga motifnya yang bisa dibilang modern sehingga siapapun yang melihatnya akan jatuh hati dengan motif yang dimiliki. Hal ini juga dipengaruhi oleh para masyarakat di pekalongan yang sangat mengikuti zaman sehingga batik mereka pun juga memiliki sifat yang sama. Saat ini, batik pekalongan pun juga memiliki inovasi campuran yang menggunakan campuran dari negeri lain yaitu india, arab, jepang dan negara lain sehingga motifnya pun semakin bertambah unik dan tentunya tetap menjadi incaran para pembelinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar